Selasa, Agustus 12, 2014

BUDAYA HIDUP SEHAT



BUDAYA HIDUP SEHAT








                                     



SMA N 1 PLERET 2014/2015

KATA PENGANTAR



          Asslamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
          Puji syukur kita panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat, karunia dan waktunya sehingga atas izin-Nya dapat terciptalah makalah ini.
Dengan adanya makalah ini diharapkan agar bisa menjadi apresiasi agar para pembaca berminat serta bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun bermasyarakat.
Pada kesempatan ini kami sebagai perancang mengucapkan banyak terima kasih kepada ibu guru pendamping Mata Pelajaran Olahraga yang telah memberikan tugas dan ajarannya selama berada di SMA  N 1 Pleret. Dan juga berbagai sumber yang membantu terselesikannya makalah ini, tak lupa juga orang tua Kami yang telah memberi semangat yang tak lelah untuk menyelesaikan tugas ini, Semoga Tuhan mencurahkan segala Rahmat dan Hidayah-Nya kepada mereka.
          Dan akhirnya kami berharap mudah-mudahan makalah ini dapat menambah wawasan dunia tentang ilmu ini. Segala kritik dan saran yang membangun untuk menyelesaikan makalah  ini Kami terima dengan senang hati dan lapang dada. Terimakasih.
          Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pleret, 05 Agustus 2014

Kelompok   











DAFTAR ISI
DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR…………………………………………………….. 
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………..  
BAB I PENDAHULUAN
          LATAR BELAKANG……………………………………………...  
          TUJUAN……………………………………………………………  
          RUMUSAN MASALAH…………………………………………..  
BAB II, PEMBAHASAN
PENGERTIAN BUDAYA HIDUP SEHAT……………………………..  
HAL YANG MENCERMINKAN BUDAYA HIDUP SEHAT…………  
MENGIMPLEMENTASIKAN  BUDAYA HIDUP SEHAT……………  
BAB III, PENUTUPAN
          KESIMPULAN & SARAN………………………………………..   
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………….   
         














BAB I
PENDAHULUAN


A.LATAR BELAKANG
Budaya hidup sehat merupakan sebuah konsep kehidupan dengan mengutamakan berbagai kegiatan hidup yang berbasis pada langkah-langkah sehat. Wajar saja jika pada akhirnya mulai dari keluarga kecil kita sudah diterapkan pengertian hidup sehat secara maksimal dan dijadikan sebuah kebiasaan baik.
B. TUJUAN
1. Dapat menerapkan budaya hidup sehat
2. Memberi informasi untuk menciptakan budaya hidup sehat
3. Memotivasi pembaca melakukan gaya hidup sehat
C.RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian pola hidup sehat ?
2. Apa hal-hal yang mencerminkan hidup sehat ?
3. Bagaimana cara menerapkan  hidup sehat ?












BAB II
PEMBAHASAN



A.PENGERTIAN POLA HIDUP SEHAT

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari aspek makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Baik itu dalam sebuah rutinitas olahraga yang tentu akan  menjaga kondisi kesehatan dan juga akan menghindarkan dari segala hal yang bisa jadi penyebab penyakit bagi tubuh kita. Seperti itulah kurang lebih pengertian pola hidup sehat.Dapat dilakukan dengan cara :
~ Olahraga
Olah Raga - Pola Hidup SehatOlahraga adalah kegiatan yang mudah dilakukan tetapi banyak yang mengabaikannya, pada hal olahraga merupakan sumber kesehatan bagi seluruh tubuh. Olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti akan lebih giat, menurunkan tekanan dara tinggi, menguatkan tulang-tulang, meningkatkan HDL(kolesterol yang baik), mencegah kencing manis, menurunkan resiko kanker, mengurangi stress dan depresi, dan juga akan memberikan kebugaran.
~ Kapasitas Aerobik
Kapasitas aerobik adalah suatu kerja yang di laksanakan secara terus menerus selama mungkin, suatu kerja otot yang agak bersifat umum, dalam kondisi aerobik (Soebroto,1975:19). Olahraga yang kita lakukan ada kalanya menggunakan sistem energi yang bersifat aerobik dan anaerobik. Aerobik merupakan suatu sistem latihan untuk mencapai peningkatan kesegaran jasmani. Jenis latihan aerobik apabila dijalankan dengan benar dan teratur, akan banyak sekali pengaruhnya terhadap perkembangan tubuh manusia.

B.PERILAKU HIDUP SEHAT
~ MAKANAN YANG BERGIZI
*    Konsumsi makanan yang memenuhi standar kesehatan adalah harus bisa memenuhi kebutuhan tubuh, untuk itu anda harus mengetahui tentang makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Kurangi makanan berlemak tinggi, seperti mentega, margarine, dan santan. Lebih baik dapatkan asupan lemak alami dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Lupakan jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur. Pilihlah daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, yogurt, putih telur, dan ikan sebagai sumber protein yang baik
  • Sedapat mungkin hindari bahan pangan atau bahan pengawet yang dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu kanker. 
  • Pilih makanan atau minuman yang berwarna putih alami (bukan di-bleach). Gunakan pewarna dari bahan makanan misalnya warnet coklatnya dari bubuk coklat, merahnya strowbery, kuningnya kunyit, dan hijaunya daun suji. Jangan menambahkan saus, kecap, garam dan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan. Perbanyak makan buah dan sayuran. 
  • Teknik pengolahan makanan juga mempengaruhi mutu makanan. Pilih makanan dengan metode memasak dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak. 
  • Perbanyak minum air putih, mineral 8 gelas sehari, hindari minuman beralkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. 
  • Hindari Stress, kalau bisa dalam satu minggu coba luangkan beberapa jam untuk happy time, lakukan hobby, jalan2..apapun yang bisa membuat pikiran tenang. 
  • Olahraga teratur
  • Kualitas tidur yang baik, proses recovery badan itu terjadi saat kita berisitrahat, jadi adalah sebuah keharusan untuk tidur yang cukup dan sebisa mungkin membuatnya berkualitas. Berkualitas dsini adalah kondisisi dimana anda bisa merasa pulas dan mendapatkan kesagaran ketika bangun.

~ISTIRAHAT  YANG CUKUP
Istirahat yang cukup akan memberikan bagi tubuh kita yang letih untuk memulihkan diri dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.


C.MENGIMPLEMENTASIKAN POLA HIDUP SEHAT DAN PERILAKU HIDUP DALA KEHIDUPAN SEHARI-HARI SESUAI DENGAN POLA SEDERHANA DAN TIDAK BERLEBIHAN

Menjaga gaya hidup sehat tidak selalu mahal dan rumit. Banyak cara yang sebenarnya amat sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah.
Berikut adalah 10 tips untuk mencapai hidup yang sehat dan sejahtera:
1. Minum banyak air.
Sangat disarankan untuk mengonsumsi 8-10 gelas air per hari. Tips yang bisa dilakukan adalah dengan minum segelas air sebelum makan. Kadang-kadang kita tidak benar-benar lapar tetapi hanya dehidrasi.
2. Makan buah-buahan segar.
Tahukah Anda waktu terbaik makan buah adalah diantara waktu makan atau sebelum makan? Saat makan buah sehabis makan, energi buah hanya akan disimpan tubuh dan tidak digunakan.
3. Cukupi asupan protein.
Beberapa sumber protein yang sangat baik meliputi ikan, kacang-kacangan, dan daging. Tubuh membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak.
4. Beberapa makanan yang harus dihindari.
Makanan yang sebaiknya dihindari meliputi kentang, roti putih, oatmeal instan, dan kentang goreng. Alasannya adalah makanan ini akan cepat dipecah tubuh menjadi gula.
5. Memulai program olahraga secara teratur.
Jika Anda tidak mempunyai kebiasaan berolahraga mulailah dengan latihan ringan dan perlahan-lahan beranjak ke jenis yang lebih berat.
















BAB III
PENUTUP
·         Kesimpulan

Perilaku hidup sehat yang dilakukan secara rutin akan menjadi sebuah budaya yang mendorong kita melakukan hal hal yang dapat berpengaruh sehat bagi tubuh, jiwa, dan fikiran kita. Ketika kita mengenal budaya hidup sehat maka kita akan dapat menjauhi hal/perilaku hidup yang buruk. Berolahraga rutin, makan makanan yang sehat, dan istirahat yang cukup adalah hal kecil yang harus dibudayakan dalam hidup sehat. Maka kita akan memetik manfaat antara lain; tubuh yang sehat, kebal dari penyakit, jika masih anak anak akan memiliki kecerdasan otak.

·         Saran
Budayakan hidup sehat, dengan membuang rasa malas kita untuk menjaga kebugaran dan berolahraga rutin ataupun biasakan gaya hidup sehat. Jangan selalu menuruti apa keinginan kita tanpa control sehingga membuat kita makan makanan yang tidak sehat. Ingat ! kesehatan itu sangat penting, jadikanlah kesehatan itu menjadi kebutuhan sebab dengan kita sehat dapat melakukan aktivitas kita secara maksimal.














DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar