Selasa, Maret 10, 2015

sejarah



Manfaat mempelajari sejarah adalah:
1.Kegunaan edukatif
kegunaan sejarah yang pertama adalah sebagai edukatif atau pelajaran. banyak manusia yang belajar dari sejarah. belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.
 2.Kegunaan inspiratif
kegunaan sejarah yang kedua adalah sebagai inspiratif. berbagai kisah sejarah dapat memberikan inspirasi pada pembaca dan pendengarnya.
3.Kegunaan rekreatif
kegunaan sejaraha yang ketiga adalah sebagai kegunaan rekreatif. kegunaan sejarah sebagai kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar.

Sejarah sebagai peristiwa, maksudnya peristiwa sejarah ditempatkan sebagai fakta, kejadian, dan kenyataan yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Kejadian masa lampau tersebut dapat dijadikan dasar untuk mengetahui dan merekonstruksi kehidupan pada masa tersebut.

3.Sejarah sebagai ilmu
Sejarah dikatakan sebagai ilmu karena merupakan pengetahuan masa lampau yang disusun secara sistematis dengan metode kajian secara ilmiah untuk mendapatkan kebenaran mengenai peristiwa masa lampau. 

Legenda adalah cerita rakyat zaman dahulu berkaitan dengan peristiwa dan asal usul terjadinya suatu tempat. Contohnya: Sangkuriang dan Batu Menangis

Kebudayaan Dong Son adalah kebudayaan zaman Perunggu yang berkembang di Lembah Song Hong, Vietnam. Kebudayaan ini juga berkembang di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

PENGERTIAN SEJARAH
bahasa arab syajarotun yang berarti pohon
History (bhs. Inggris) berarti ilmu
Geschichtdenis (bhs. Belanda) yang berarti sesuatu yang telah terjadi

B.LANGKAH-LANGKAH DALAM PENELITIAN SEJARAH
1.HEURISTIK (Pengumpulan Data)
Heuristik merupakan langkah awal dalam penelitian sejarah untuk berburu dan mengumpulkan berbagi sumber data yang terkait dengan masalah yang sedeang diteliti.
 2.KRITIK (VERIFIKASI)
Kritik merupakan kemampuan menilai sumber-sumber sejarah yang telah dicari (ditemukan
a.Kritik Ekstern
kritik ekstern di dalam penelitian ilmu sejarah umumnya menyangkut keaslan atau keautentikan bahan yang digunakan dalam pembuatan sumber sejarahtanda tangan, materai, atau jenis hurufnya.
b.Kritik Intern
Kritik Intern merupakan penilaian keakuratan atau keautentikan terhadap materi sumber sejarah itu sendiri
3.INTERPRETASI (penafsiran)
Interfretasi adalah menafsirkan fakata sejarah dan merangkai fakta tersebut hingga menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal.
4.HISTORIOGRAFY (Penulisan Sejarah)
Historiogray adalah oses penyusunan fakta-fakta sejarah dan berbagai sumber yang telah diseleksi dalam sebuah bentuk penulisan sejarah


manusia purba tertua di temukan di desa Trinil Ngawi, Jawa Timur-Indonesia   di dekat Lembah Bengawan Solo pada tahun 1890 oleh Eugene Dubois
Pithecanthropus Erectus yang berarti "Manusia kera yang berjalan tegak".

Melayu Tua (Proto Melayu) Bangsa melayu tua ini memasuki wilayah Indonesia sekitar tahun 1.500 s/d 500 SM. Mereka masuk melalui 2 rute: jalan barat dan jalan timur. Jalan barat adalah melalui Semenanjung melayu kemudian terus ke Sumatera dan selanjutnya menyebar ke seluruh Indonesia. Sementara jalan timur adalah melalui kepulauan Filipina terus ke sulawesi dan menyebar ke seluruh Indonesia. Keturunan proto melayu Dayak, Toraja, mentawai, Nias dan papua.
Bangsa Deutro Melayu memasuki wilayah Indonesia secara bergelombang sejak tahun 500 SM. Mereka masuk ke wilayah Indonesia melalui jalan barat, yaitu melalui daerah Semenanjung Malaya, terus ke Sumatra dan selanjutnya tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Keturunan bangsa Deutro Melayu misalnya : suku Jawa, Melayu, Bugis, Minang,

1.Teori Waisya
oleh NJ. Krom yang menyatakan bahwa golongan Waisya (pedagang) merupakan golongan terbesar yang berperan dalam menyebarkan agama dan kebudyaan Hindu-Budha.
2.  Teori Ksatria
Teori Ksatria berpendapat bahwa penyebaran kebudayaan Hindu-Budha yang dilakukan oleh golongan ksatria. Pendukung teori Ksatria, yaitu: C.C. Berg ,Mookerji ,J.L. Moens
3.  Teori Brahmana
oleh Jc.Van Leur yang menyatakan bahwa agama dan kebudayaan Hindu-Budha yang datang ke Indonesia dibawa oleh golongan Brahmana (golongan agama) yang sengaja diundang oleh penguasa Indonesia.
4.  Teori Arus Balik
oleh F.D.K Bosch yang menjelaskan peran aktif orang-orang Indonesia dalam penyebaran kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.
Berdasarkan perjanjian ini, wilayah Mataram dibagi dua: wilayah di sebelah timur Kali Opak (melintasi daerah Prambanan sekarang) dikuasai oleh pewaris tahta Mataram (yaitu Sunan Pakubuwana III) dan tetap berkedudukan di Surakarta, sementara wilayah di sebelah barat (daerah Mataram yang asli) diserahkan kepada Pangeran Mangkubumi sekaligus ia diangkat menjadi Sultan Hamengkubuwana I yang berkedudukan di Yogyakarta. Di dalamnya juga terdapat klausul, bahwa pihak VOC dapat menentukan siapa yang menguasai kedua wilayah itu jika diperlukan.
Tujuan Sumpah Pemuda adalah mempersatukan Pemuda dan Pemudi Indonesia untuk bersatu melawan penjajah.
Peristiwa Rengasdengklok terjadi dikarenakan adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dan tua tentang masalah kapan dilaksanakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Para penyusun teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo

Negara Kesatuan RI menggunakan UUD Sementara (1950) dan demokrasi yang diterapkan adalah Demokrasi Liberal dengan sistem Kabinet Parlementer.
Kejatuhan Kabinet Soekiman merupakan akibat dari ditandatanganinya persetujuan bantuan ekonomi dan persenjataan dari Amerika Serikat kepada Indonesia atas dasar Mutual Security Act ( MSA ).
Bangsa barat /eropa : Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris
Hal-hal yang menyebabkan dibubarkannya VOC  antara lain :

a.  Rendahnya gaji yang diberikan kepada pegawai-pegawai VOC
b.  Banyaknya saingan yang harus dihadapi oleh VOC  dalam perdagangannya di Asia,
c.    Sesuai dengan octroii, para pemegang saham berhak mendapatkan divident atau pembagian keuntungan.
d. VOC banyak mengeluarkan biaya untuk peperangan

Nasionalisme Indonesia adalah suatu gerakan kebangsaan yang timbul pada bangsa Indonesia untuk menjadi sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Megawati sebagai presiden kemudian membentuk kabinet gotong royong. presiden BJ Habibie, kabinet reformasi

Faktor-faktor intern yang menyebabkan lahir dan berkembangnya nasionalisme Indonesia adalah sebagai berikut.
a.    Kejayaan Bangsa Indonesia sebelum Kedatangan Bangsa Barat.
b.    Penderitaan Rakyat akibat Politik Drainage(Pengerukan Kekayaan)
c.    Adanya Diskriminasi Rasial
d.    Munculnya Golongan Terpelajar

Tujuan partai-partai komunis dunia ialah menggantikan sistem kapitalisme dengan komunisme.
Keberhasilan Pembangunan Orde Baru
Swasembada Beras
Perubahan Struktur Ekonomi
Perubahan Struktur Lapangan Kerja
Perkembangan Investasi
Perkembangan Ekspor
Laju Pertumbuhan Ekonomi

Dampak Negatif
 Bagi kota  
a. Banyaknya pengangguran yang ada di kota, b. Munculnya tidak kriminal.
c. Pemukiman kumuh yang semakin banyak dibangun di bantaran sungai d. Kemiskinan yang meningkat drastis di kota e. Kota semakin padat dan jalanan menjadi sangat macet.
. Bagi desa
a. Desa menjadi sepi dan kekurangan tenaga kerja
b. Pembangunan desa menjadi terhambat
c. Banyaknya fasilitas dan potensi desa yang terbengkalai, d. Industri kecil dan industri rakyat menjadi tidak berkembang dengan baik.
e. Fasilitas pendidikan dan kesehatan juga tidak bisa berkembang


Dampak positif revolusi hijau sebagai berikut :
1. Menyebabkan munculnya tanaman jenis unggul berumur pendek,
2. Dapat meningkatkan pendapatan petani
3. Dapat merangsang kesadaran petani dan masyarakat pada umumnya akan pentingnya teknologi.
4. Merangsang dinamika ekonomi masyarakat

. Adapun dampak negatif revolusi hijau adalah sebagai berikut :
1. Peningkatan produksi pangan tidak diikuti oleh pendapatan petani secara keseluruhan
2. Ketergantungan pada pupuk kimia dan zat kimia pembasmi hama juga berdampak tingginya biaya produksi yang harus ditanggung petani.
3. Pengaruh ekonomi uang didalam berbagai hubungan sosial di daerah pedesaan semakin kuat.
4. Sistem bagi hasil mengalami perubahan.

Polarisasi Ekonomi dgn sarat : Kondisi Fisik Wilayah ,Kekayaan Sumber Daya Alam,,   Sarana Dan Prasarana Transportasi,  Adanya Industri , Kondisi Sosial Budaya Masyarakat,Pertimbangan Ekonomi
Dampak Positif Pembangunan Industri : Mengurangi Pengangguran, Terpenuhinya kebutukan komsumsi, Menekan laju jumlah penduduk
Dampak Negatif Pembangunan Industri :Pencemaran Lingkungan,  Berkurangnya lahan pertanian,

Reformasi merupakan suatu gerakan yang menghendaki adanya perubahan kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ke arah yang lebih baik secara
konstitusional . bertujuan untuk melakukan perubahan dan pembaruan, terutama perbaikan tatanan kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, dan social.
Gusdur dengan cabinet tambal sulam
Industri pertanian adalah industri yang mengolah dan menghasilkan barang yang mendukung sektor pertanian. Industri pertanian mencakup industri pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, dan kehutanan,.
Industri nonpertanian adalah industri adalah industri yang aktivitasnya di luar bidang pertanian.
1. Industri Pertambangan dan Energi
2. Industri Elektronika
3. Industri Pariwisata

latar belakang munculnya revolusi hijau adalah sebagai berikut. :*Hancurnya lahan pertanian akibat PD I dan PD II.* Pertambahan penduduk meningkat sehingga kebutuhan pangan juga meningkat.  *Adanya lahan tidur. *Upaya peningkatan produksi pangan.
Tujuan revolusi hijau adalah meningkatkan produktivitas pertanian dengan cara penelitian dan eksperimen bibit unggul serta mengubah petani-petani gaya lama (peasant) menjadi petani-petani gaya baru (farmers), memodernisasikan pertanian gaya lama guna memenuhi industrialisasi ekonomi nasional.

Berakhirnya Perang Dingin : 1. Gerakan Reformasi Mikhael Gorbachev 2. Kegagalan Ekonomi Rusia 3. Perang di Afghanistan  4. Konflik di Berbagai Wilayah Dunia   5. Komunikasi Lebih Cair antara Uni Soviet dan Amerika Serikat

Krisis moneter yang melanda negara-negara Asia Tenggara sejak Juli 1996 mempengaruhi perkembangan perekonomian Indonesia. Krisis ekonomi Indonesia diawali dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat. 1)Hutang luar negeri Indonesia yang sangat besar menjadi penyebab terjadinya krisis ekonomi.
Dampak sesaat mual muntah, diare, sakit kepala dan demam.
dampak jangka menengah adalah pusing, mata berkunang-kunang, disorientasi atau bingung menentukan arah, lemah, letih dan tampak lesu, muntah darah atau berak darah, kerontokan rambut dan kebotakan, tekanan darah rendah , gangguan pembuluh darah dan luka susah sembuh.
Dampak jangka panjang  Kanker terutama kanker kelenjar gondok, mutasi genetik, penuaan dini dan gangguan sistem saraf dan reproduksi.

Perang Dingin adalah perang dalam bentuk ketegangan sebagaiperwujudan dari konflik-konflik kepentingan dan perebutan supremasi serta perbedaan ideologi antarablok barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet.

menyebabkan terjadinya perang dingin yaitu :1. Munculnya Amerika Serikat sebagai negara pemenang di pihak Sekutu (Inggris, Prancis, dan Amerika Serikat). 2. Munculnya Rusia (Uni Soviet) sebagai negara besar dan berperan membebaskan Eropa bagian Timur dari tangan Jerman dan membangun perekonomian negara-negara di Eropa Timur. 3. Munculnya negara-negara yang baru merdeka setelah Perang Dunia II di luar wilayah Eropa.
Top of Form
Panca usaha tani: 1.penggunaan bibit unggul, 2.pengolahan tanah yg baik, 3.pemupukan yg tepat, 4.pengendalian hama/penyakit,     5.pengairan/irigasi. Untuk sapta usaha tani: panca usaha tani ditambah 2 aspek lagi, yaitu: 6.pasca panen, dan 7.pemasaran

Diversifikasi pertanian adalah pengalokasian sumber daya pertanian ke beberapa aktivitas lainnya yang menguntungkan secara ekonomi maupun lingkungan
Bottom of Form



Tidak ada komentar:

Posting Komentar